Upacara Pembukaan dan Penutupan PON Papua Mempersembahkan Standar Asian Games

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com – Acara Pembukaan dan Penutupan ajang bergengsi XX PON Oktober 2021 di Papua akan disuguhkan dengan standar Asian Games Jakarta Palembang.

Ketua Panitia Besar PON Papua, Yunus Wonda, seperti diberitakan aroundpapua.com, mengatakan pembukaan dan penutupan PON ini akan menjadi standar Asian Games dengan membuka ruang seluas-luasnya bagi seluruh event organizer (EO) di Indonesia. mempresentasikan kreativitas mereka.

“Kita ngomongin agenda PON, tapi untuk opening dan closing kita mau standar seperti Asian Games. Jadi kita berikan ruang kepada semua EO dan ikut daftar dan presentasi apa yang sudah mereka draft masing-masing,” kata Yunus Wonda. Kamis (03/09/2020).

Bahkan, para EO yang terlibat dalam pembukaan dan penutupan PON pun diminta untuk mempresentasikan kearifan budaya dan alam Papua, termasuk melibatkan seniman Papua.

“Pastinya akan menonjolkan seniman Papua dan inilah saatnya dan saatnya bagi mereka untuk mengeluarkan bakat dan kreatifitasnya di tanah sendiri. Semua opening dan closing harus melibatkan anak-anak Papua,” terangnya.

Apalagi, menurut pria yang juga Wakil DPR Papua ini, banyak seniman budaya, penyanyi Papua sudah go internasional.

“Banyak di tingkat nasional bahkan internasional. Jadi harus melibatkan anak-anak Papua, angkat budaya Papua, nyanyian. Ini momen mereka, karena Presiden juga minta agar budaya, alam dan segala sesuatu tentang Papua dimunculkan pada acara ini, "dia menyimpulkan. (*)

Baca:  Kane ingin Mason Greenwood dan Phil Foden kembali ke skuad Inggris