Pian Asso Harumkan Yahukimo di Ring SMANKOR Cup I

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pian Asso, petinju muda dari kabupaten Yahukimo meraih medali perunggu pada kejuaraan tinju amatir pelajar se-Provinsi Papua memperebutkan piala SMA Negeri Keberbakatan Olahraga (SMANKOR) Papua tahun 2020.

Tak cuma itu, Pian Asso juga dinobatkan sebagai petinju favorit youth putra. Ia bahkan membawa pulang uang pembinaan dari event yang digelar di SMANKOR Papua, Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura, 5-8 Maret 2020.

Prestasi itu membuat bangga Eneas Asso, asisten pelatih tinju yang mendampingi Pian Asso berlatih di Dekai, ibukota kabupaten Yahukimo.

Eneas akui materi latihan diberikan kepada Pian hanya sebulan sebelum mengikuti SMANKOR Cup I di Jayapura. Meski persiapannya tak maksimal, ia sangat bersyukur karena hasil menggembirakan telah diraih petinju binaannya.

“Saya bangga dengan hasil ini karena kami di Dekai selama sebulan latihan hanya di tempat sederhana. Saya sebatas memberikan materi dasar saja,” katanya kepada suarapapua.com, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga: SMANKOR Papua Gairahkan Tinju Amatir

Pian menurut Eneas berkesempatan tampil di ajang ini atas bantuan pemerintah kabupaten (Pemkab) Yahukimo. “Kami terima undangan dari Jayapura, dan dengan bantuan dari pemerintah daerah, kami langsung turun dan ikut bertanding. Hasilnya cukup memuaskan.”

Setelah ini, imbuh Eneas, pada Mei nanti Pian Asso ke Jayapura karena dipanggil tim Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Papua. Ini karena Pian mendapatkan predikat petinju favorit youth putra.

“Setelah penyerahan hadiah, tim PPLP menyampaikan bahwa kami diundang ke Jayapura pada bulan Mei 2020. Jadi, hadiah ini kami bawa pulang dan serahkan ke Pemkab secara terbuka, karena selama ini saya memberikan latihan secara terbuka juga,” kata Eneas.

Baca Juga: Empat Kabupaten Ini Tuan Rumah 37 Cabor PON XX

Baca:  Neville: Di Dalam Atau Luar Lapangan, Maguire Selalu Membuat Masalah

Ia menjelaskan, sebagai asisten pelatih setelah pelatih kepala meninggal, latihan diadakan di tempat terbuka tepatnya di kantor bupati lama.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemda, dan harapan kami agar bantuan dana kedepannya harus dinaikan, karena lewat atlet bisa harumkan nama kabupaten ini. Mengharumkan nama kabupaten memang tidak mudah karena harus pertaruhkan nyawa hidup dan mati di atas ring tinju,” tuturnya.

Baca Juga: Papua Siap Laksanakan PON 2020

Sementara itu, Amsal Siep, mantan petinju yang telah terpilih sebagai anggota DPRD Yahukimo dan sedang menunggu pelantikan, menyampaikan turut berbangga atas hasil yang dipersembahkan Pian Asso di ajang SMANKOR Cup I.

“Saya pun bangga, tetapi juga masukan bagi Pemda supaya terus mendorong para atlit dari Yahukimo, khususnya tinju agar mereka dilatih dan nantinya kirim untuk bertanding. Melalui itu nama Yahukimo akan dikenal,” kata Amsal.

Amsal berjanji akan melirik potensi muda dari berbagai cabang olahraga yang ada di kabupaten Yahukimo. “Setelah pelantikan DPRD, saya akan bersuara untuk perkembangan olahraga di Yahukimo,” kata pria asal distrik Mugi ini.

Baca Juga: Di Tempat Ferry Pahabol Latihan, Pemkab Yahukimo akan Bangun Stadion

Pian Asso mengatakan, hasil dari event ini memacu semangatnya untuk terus berlatih agar menjadi petinju.

Siswa SMA di Dekai ini juga ucapkan terima kasih kepada pelatih, Pemkab Yahukimo serta keluarga dan sahabat yang selalu mendukung saat latihan maupun di atas ring tinju.

“Hasil ini bukan kehebatan saya semata, tetapi karena berkat Tuhan Yesus selalu sertai saya selama ini. Dan saya juga berterima kasih kepada kakak Eneas Asso yang setia melatih saya,” kata Pian.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You