Franco Morbidelli Ukir Catatan Spesial di MotoGP Republik Ceska

Finroll.com, Jakarta – Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli, finis di posisi kedua pada MotoGP Republik Ceska. Bagi Morbidelli, prestasi itu terasa spesial, karena dia untuk pertama kali meraih podium sejak tampil di MotoGP pada 2018.

Pembalap berusia 25 tahun tersebut mengawali balapan di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB, dari urutan ketiga. Dia mencatatkan waktu 1 menit 55,998 detik pada kualifikasi, dan tertinggal 0,311 detik dari Johann Zarco yang meraih pole position.

Selepas start, Franco Morbidelli langsung tancap gas. Memacu motor Yamaha YZR-M1, Morbidelli berhasil memimpin lomba pada lap pertama. Dia unggul atas Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo.

Akan tetapi, pembalap asal Italia itu gagal mempertahankan posisi terdepan. Sempat unggul jauh, Franco Morbidelli akhirnya menyerahkan status pimpinan lomba kepada Brad Binder pada lap ke-13.

Memasuki lap-lap terakhir, Morbidelli berusaha mengejar Binder yang memacu motor KTM RC16. Namun, upaya juara dunia Moto2 2017 itu tak membuahkan hasil dan akhirnya harus puas finis di posisi kedua.

Dalam balapan 21 lap tersebut, Franco Morbidelli mencatatkan waktu 41 menit 44,030 detik. Dia tertinggal 5,266 detik dari Brad Binder yang berhasil meraih podium juara.

Podium Perdana di MotoGP

Meski gagal menjuarai MotoGP Republik Ceska, posisi runner-up merupakan catatan yang istimewa untuk Morbidelli. Pasalnya, dia untuk pertama kalinya meraih podium di MotoGP.

Sejak promosi ke balapan kelas para raja pada 2018, prestasi terbaik Franco Morbidelli adalah peringkat kelima, yakni di MotoGP Amerika Serikat, Belanda, Inggris, dan San Marino pada 2019, serta balapan seri Spanyol pada musim ini.

“Saya sangat senang dengan podium ini. Saya menginginkannya dan bekerja untuk itu sepanjang akhir pekan,” ujar Morbidelli.

“Kami memulai akhir pekan dengan baik dan kami memiliki kecepatan yang baik sejak lap pertama. Saya melihat dengan jelas bahwa saya memiliki peluang sebenarnya untuk mendapatkan podium,” lanjutnya.

Sumber : Bola.com

Baca:  Bali United Bakal Tampil Habis-habisan Dalam 3 Laga Tersisa di Piala AFC 2020